Senin, 04 Juli 2011

Keping Pertama Kehidupan

Senin, 4 Juli 2011...11.17 pm
Chapter 1: First day

Finally, tiba juga hari itu. Hari ketika aku memulai KKN. Ya, here i am now. Di sebuah desa yang masih dalam kategori "kandang sendiri" sebenarnya. Tapi kondisinya jauh berbeda dengan apa yang biasanya kutemui. Rumah dan hidupku selama 2 bulan ke depan ada di sini, di desa Brunosari, kabupaten Purworejo.
Berangkat jam 6 teng dari FTP UGM dgn berboncengan motor. Sampai di kabupaten, upacara penerimaan dulu di pendhopo kabupaten berssama dengan satu kelompok KKN yang lain dari UGM, dan semua mahasiswa UNY yg ber-PPL di Purworejo. It was like a little reunion. Banyak ketemu teman-teman seperjuangan semasa sekolah dulu. Hmm, untuk beberapa jam di sana serasa back to memory. Hehe..
Habis itu cabut ke Brunosari. Dengan jalan yang berkelok dan tas ransel yang mungkin lebih berat daripada yang bawa, kami berteman dengan jalanan yang makin lama makin mengganas itu. Bagiku sendiri, aku lebih suka dengan perjalanan semacam ini. Kelokan yang tajam dan menakutkan itu terkalahkan oleh decak kagum kala pepohonan rimbun menghijau, sungai, bebatuan, dan sawah menjaring tatap mataku. Subhanallah. Ah, Allah memang pelukis yang tiada pernah ada tandingannya.
Sampai kecamatan Bruno disambut dengan ramah oleh Pak Camat dan pak lurah brunosari. Blablablablabla..cling nyampe pondokan jam 1 siang. Rehat, rapi-rapi, dan tadi sore sempat jalan-jalan ke balai desa dan sedikit mengorek informasi tentang kegiatan sehari-hari warga. Masih sangat sedikit yang kuketahui tentang masyarakat di sini.
Kembali ke pondokan dan mengantri mandi. Hey, akhirnya aku bisa mengalami bagaimana rasanya mengantri kamar mandi! haha. Malamnya rapat (RA PATek dong, RA PATio cetho, apapun namanya rasa2nya rapat sangat dibutuhkan saat KKN), hmm, aku merasa kami masih sedikit kesulitan dlm memahami mekanisme pelaksanaan program. Banyak perbedaan dalam mempersepsikan kalimat dalam buku panduan, dan menurutku emang kalimatnya ambigu. Jadi mungkin untuk benar2 memahaminya kita harus bertapa dulu 3 hari 3 malam di puncak gunung himalaya sana. haha. Yea, setelah sempat berdebat nahkoda (bukan debat kusir, lho ya!), dicapailah kesamaan persepsi dan decision making untuk pelaksanaannya. Oh y, intermezzo, kenapa aku pakai istilah "nahkoda"? Karena aku mengibaratkan tim ini berada dalam sebuah kapal yang berlabuh di tengah lautan masyarakat yang belum pernah kami taklukkan sebelumnya. Dan setiap dari diri kami adalah nahkoda, at least bagi diri masing-masing. Jadi, agar kapal ini nggak cuma muter-muter nggak jelas, perlu ada kesepakatan di antara para nahkoda akan dibawa ke arah mana kapal itu berlabuh.
Jam 10: time to sleep. Tapi seperti biasa aku belum mengantuk. Sempat ditelepon dengan orang tua dan terharu mendengar nada excited dan nada harap yang keluar dari suara mereka. Bapak, Ibu, Mbak..aku minta do'a restu agar dapat melaksanakan amanah ini dengan baik dan sukses, dan tentunya bermanfaat untuk ke depannya. Amin.

Zzzz..
Okay,,it's time for me to sleep now. 11.51 pm dan besok harus bangun jm setengah 5. Waaa...
Ya Allah, terima kasih untuk hari ini dan semoga hari esok lebih baik daripada hari ini. Amiin.

PS. Wah, g santai ini, cuma tinggal aku seorang yang masih berkelana di alam sadar, ck ck ck.
Song for this night: I Need You Tonight - BSB. Lagu ini bukan bermaksud apa-apa, cuma yang lagi ng-play aja waktu nulis buat song for this night. Sueer! Ok. Ciao!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar