Kamis, 14 Juli 2011

Keping Kesebelas Kehidupan

Kamis, 14 Juli 11 11.56 pm
Eleventh chapter: "Penyuluhan PN 1, 2, 3 AND learn something new"

Hari kesebelas..rencana pagi mau ke SD buat koordinasi dengan kepsek. Tapi apa daya modul yang sedianya dibikin semalem malah keburu tepar. So, loncat ke siang jam 1 mulai standby di balai desa buat persiapan penyuluhan PN 1,2,3. Aku sih kormanut aja, sembari sok2an jeprat-jepret dokumentasi, hihi..

Penyuluhan teori kira-kira setengah jam, habis itu langsung praktek. Pertama praktek pemerahan susu kambing. Oh wow, I'm very excited! Aku belum pernah melihat pemerahan susu kambing secara langsung. Dan ya, di sini I've learn something new. Ternyata cara menenangkan kambing itu ssama dengan menenangkan manusia: minta dielus, haha. Dan susu kambing tidak bisa begitu saja ketika ditekan langsung keluar, perlu adanya pelemasan otot ototnya dulu dengan cara dielus-elus ambing'nya. Hehe, dilarang berpikir yang tidak-tidak ya! Ahli perah digawangi oleh Dita dan Neha.

Lanjut pindah lokasi untuk praktek pembuatan kompos. Pake jerami gitu dicampur kotoran kambing dan cairan (apaa ya lupa namany). Disitu deket kandang kambing juga. Dan lagi-lagi aku excited dengan kambingnya. Aku bahkan berhasil mengelus kambing untuk pertama kalinya! Subhanallah,,akhirnya kesampaian juga.Ternyata kambing suka dielus bagian leher depan yang deket jenggotnya lho! Sounds weird, huh? O y, ada hal yang sangat-sangat heart rending. ada seekor anak kambing yang lumpuh sejak lahir. Ya Allah, bener-bener dia tu yang terlihat sangat ingin bangun tapi nggak bisa..sumpah tampangnya memelas banget. Aku aja hampir nangis. Entah, lebih menyedihkan melihat hewan menderita (lho, aneh!). Sayangnya aku nggak bisa bantu apa-apa. Aku sama mbak Emi cuma bisa mengelus-elusnya dan mencoba mengajaknya bicara. Ya, semoga dia tahu ada yang care dengan kondisinya, karena ternyata sang ibu pun hanya sibuk dengan rumput yang terkunyah di mulutnya.

Selesai jam setengah lima. Malemnya seperti biasa ba'da Isya bimbingan belajar dengan anak-anak. Kali ini aku kolaborasi m mbak Emi belajar bahasa Inggris bersama Heni dan Tika. Sampai jam 9 terus langsung lanjut rapat evaluasi penyuluhan. Hm, rapat serius gini masih sempet ngakak sak ngakak'e. Jan adaa ajaa yang bisa dibikin lelucon tuh lho! Sebel aku raiso mandeg lehku ngguyu! hhahhaha...Jam 10 balik kandang untuk merumput, eh salah, untuk membuat modul outbond sama rika. Malah saiki bocah'e wes nglempus to..

O y, salah satu teman kami ada yang sakit. Untung ada 3 calon perawat di sini. Neha 'Bu Nyai', cepet sembuh yaa..Okay, udah kelewat malem ini..1.12 am. Nyempetin check ini di sini setelah selesai bagianku dalam pembuatan modul. Tinggal bagiane rika, hehe, peace Rik..

Terima kasih ya Allah atas pelajaran dan pengalaman yang menakjubkan hari ini. Semoga dapat memberikan manfaat dan semoga hari esok lebih baik daripada hari ini. Amiin.

PS. Song for this time: A Little Too Not Over You (instrumental) - David Archuleta. Sengaja pasang ini lagu,, saat ini den mas David kan lagi ada di Hotel Ritz Carlton Jakarta buat konser tgl 16. Waa..sayang g bisa nonton ;((
Okay, until then Ciao..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar