Rabu, 16 Januari 2013

Nostalgila SMA: Siswa Telatan

Rabo, 16 Jan '13
8.15am

"Bagas!" Teriakan itu sampai di telingaku pagi tadi. Anak lelaki berseragam hijau lumut berdiri di depan sebuah rumah, tetanggaku. Tak berapa lama kedua anak lelaki itu berjalan bersama berangkat sekolah. Jam 5.50 pagi. Hanya lima menit lebih awal dari jamku berangkat sekolah. Tujuh tahun yang lalu, aku berada di kelas yang sama dengan mereka. Dengan seragam yang sama, seragam khusus yang dikenakan setiap hari Rabo dan Kamis. Sekolah yang sama. 

Ingatanku serasa dibawa kembali pada masa SMA, kelas 1. Peraturan sekolah yang menetapkan jam pertama kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 6.30, memang agak memberatkanku pada awalnya. Aku harus bangun lebih pagi, berangkat jam 6 kurang dari rumah. 10 km jarak dari rumah ke sekolah memang memakan waktu setengah jam perjalanan naik angkot. Belum lagi nanti kalau angkotnya kebetulan nge-tem. Walhasil sering telat dan dapat sempritan dari satpam sekolah begitu melihat aku turun dari angkot. Padahal pintu gerbang sekolah tidak persis di pinggir jalan, masih harus jalan masuk kompleks. Sering jogging pagi-pagi lah dulu. Kalau telat lebih dari 5 menit, harus singgah dulu di pos satpam untuk menulis poin pelanggaran. Satu kali telat poinnya 10. Yang macem gini ini nih poin pelanggaranku sampai 40 (4 kali telat) karena pas dapet angkot yang supirnya suka ngetem. 

Dari pos satpam sampai kelas X-3 membutuhkan waktu kira-kira 4-5 menit. Nasib kelas paling ujung belakang dan nasib sekolah di SMA dengan lahan terluas di kota ini. Tapi dulu yang namanya telat itu sensasinya luar biasa. Lari-larian bersama beberapa orang teman yang bernasib sama...atau kalau pas apes ya lari sendirian. Sampai-sampai nyebrang jalan raya setelah turun dari angkot pun nggak liat-liat kiri-kanan. Pernah juga dulu aku hampir ketabrak motor kalau saja temanku tidak menarik tanganku. Telat waktu di SMA sensasinya beda ketika telat waktu kuliah. Di kuliahan, mana ada satpam yang nyemprit mahasiswa yang telat biar cepet-cepet masuk. Mana ada pula sensasinya balapan lari sama temen sesama telaters, dulu-duluan sampai pos satpam. Haha. Nostalgila SMA. 

PS. High school never end lah kalau kata lagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar