Minggu, 22 September 2013

Salam Dari Purworejo

Senin, 23 September 2013

Salam Purworejo!
From now on, saya ingin menambahkan satu kategori tulisan dalam blog ini. Segala sesuatu tentang Kabupaten Purworejo akan sedikit tertuang di sini. Ini merupakan satu langkah kecil sebagai wujud kecintaan pada tanah kelahiran saya.

Kabupaten Purworejo terletak pada posisi 109o 47’28” – 110o 8’20” Bujur Timur dan  7o 32’ – 7o 54 Lintang Selatan. Secara topografis, Kabupaten Purworejo merupakan wilayah beriklim tropis basah dengan suhu antara 19 C – 28 C, sedangkan kelembaban udara antara 70% - 90% dan curah hujan tertinggi pada bulan Desember 311 mm dan bulan Maret 289 mm. Kabupaten Purworejo memiliki luas 1.034,81752 km2 dengan batas wilayah sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kebumen, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Magelang dan Wonosobo, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia.

Kabupaten Purworejo dulu tergabung dalam karesidenan Kedu (sekarang disebut eks-karesidenan Kedu) bersama dengan Magelang (kabupaten dan kota), Temanggung, Purworejo, Wonosobo, dan Kebumen. Karesidenan Kedu adalah satuan administrasi yang berlaku di Jawa Tengah pada masa penjajahan Hindia-Belanda dan beberapa tahun sesudahnya. Karesidenan Kedu terletak di wilayah dataran Kedu yang merupakan dataran vulkanik subur di sekeliling gunung berapi di Jawa tengah, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro di sebelah barat, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di sebelah Timur, dan perbukitan Menoreh di sebelah selatan. Pusat pemerintahan berada di Magelang. Sekarang sistem pemerintahan karesidenan sudah dihapuskan, otonomi pemerintahan diserahkan pada pemerintah kabupaten masing-masing. Akan tetapi bekas-bekas wilayah gabungan ini masih biasa disebut dengan eks-karesidenan. 

Pengaruh karesidenan ini tampak terlihat dari plat kendaraan bermotor, yaitu AA. Saya termasuk orang yang suka mengamati plat kendaraan. Hobi saya ini sudah saya tekuni sejak duduk di sekolah dasar, yah kalau hal ini bisa disebut dengan hobi sih. Haha. Dari hasil pengamatan itu saya mengetahui bahwa huruf belakang plat lah yang membedakan kabupaten asal, misalnya AA...C / AA...L / AA...V adalah plat Purworejo. AA...M / AA...D adalah plat Kebumen. AA...A / AA...B / AA...K / AA...T adalah plat Magelang. AA...E / AA...N adalah plat Temanggung. AA...P adalah plat Wonosobo. 

Kabupaten Purworejo terdiri dari 16 kecamatan, yaitu 
  1. Kecamatan Purworejo 
  2. Kecamatan Kutoarjo 
  3. Kecamatan Purwodadi 
  4. Kecamatan Kaligesing 
  5. Kecamatan Loano 
  6. Kecamatan Bener 
  7. Kecamatan Grabag 
  8. Kecamatan Butuh 
  9. Kecamatan Kemiri
  10. Kecamatan Bruno
  11. Kecamatan Pituruh 
  12. Kecamatan Bagelen
  13. Kecamatan Bayan 
  14. Kecamatan Gebang 
  15. Kecamatan Ngombol
  16. Kecamatan Banyuurip

Peta Kabupaten Purworejo



Sumber: http://www.purworejokab.go.id  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar