Jumat, 16 September 2011

Napak Tilas Kedhung Pala (Baca: tempat favorit nyuci baju!)


Ini dia kenampakan Kedhung Pala. Ia adalah sebuah sungai berlokasi di belakang pondokan putri. Tiap kali nyuci baju, aku memilih tempat ini. Nggak salah lagi, kalau bukan karena pemandangannya yang aduhai, aku nggak bakal ke sini. hehe..Lihat aja tebing berbatu yang sangat artistik itu. Memberikan kesan kokoh namun tak angkuh, karena ia mengizinkan rerumput hijau untuk membangun kehidupannya di tubuhnya. Karena sang tebing tahu bahwa ia tak mungkin bisa hidup sendiri.

Bebatuan ini lanjutan dari tebing batu di atas. Ini sisi bawahnya, yang berbatasan langsung dengan air sungai. Hm..terlihat perbedaan bongkah batu tebing dengan batu kali ya? Yang satu warnanya putih yang satunya berwarna abu-abu gelap. Tapi mereka bersahabat kok! hehe..Yang aku suka, di antara tebing, bebatuan, dan air, ada yang 'hidup' di sana: rumput. Memberi kesan menyejukkan.



Ini aliran air sungai dari sudut pandang hilir sungai (I mean, posisiku memfoto adalah lebih dekat dengan hilir). Masih dengan bebatuan yang makin membuat sang air berkelok-kelok. Di sebelah kanan sungai adalah sebuah pekarangan yang membatasi sungai dengan rumah pondokan putri. Di sebelah kiri sungai ada sebuah sawah yang menakjubkan.




Ini dia sisi seberang sungai. Berhadap-hadapan dengan tebing batu di atas. Subhanallah, pemandangannya bagus banget..so beautiful. Oh ya, itu sebenernya sawah..nggak terlalu gedhe si sawahnya dan dikelilingi pepohonan.
Kalau pas lagi bosen memandangi batu yang cuma diem aja nongkrong, aku suka melayangkan pandang ke persawahan ini, sekedar menatap sesuatu yang hidup. Eh, kadang-kadang kalau pas beruntung, kita bisa menemukan beberapa kerbau yang membajak sawah, lho!

Haha..Ini batu persemedianku (baca: tempat nyuci). Di batu itu, aku mencuci baju-bajuku dengan penuh semangat '45, tanpa capek menggelayut. Tau kenapa? Karena aku mencuci dengan duduk bersila di atas batu. Haha..belum pernah ada kedengeran posisi duduk bersila saat mencuci baju kaan? You should try it. It's totally rock! trust me.. :). Oh y, terkadang aku membawa mp4, biar soundtrack yang tercipta lebih 'greng', berpadu antara musik ciptaan Tuhan dan musik ciptaan manusia. hehe..




Sejak saat itu, aku menambahkan satu hal lagi dalam daftar hobiku: Nyuci di kali! Haha..Mungkin itu hal yang sangat-sangat nggak banget bagi kalian. Tapi menurutku, nyuci di kali bukanlah hal yang 'ih apaan sih, jorok!' tapi sebaliknya hal yang sangat sarat inspirasi. Bagiku, mencuci bukan sekedar aktivitas membuat baju yang kotor menjadi bersih. Tapi lebih dari itu, sensasi apa yang kita dapat ketika mencuci. Bukan sekedar hasilnya, tetapi lebih kepada makna di dalamnya. Alam pun memberi kita banyak pelajaran ketika kita mau sedikit saja menoleh kepadanya. Sama seperti hidup, bukan saja untuk mendapatkan tujuan yang kita inginkan, tetapi juga meresapi prosesnya, apa saja yang kita temui selama perjalanan hidup kita, termasuk hal-hal kecil sekalipun. Jangan hanya melihat lurus ke depan, kadangkala, tengoklah ke sekeliling kita.

PS. Song for this day: Look Around - David Archuleta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar