Kamis, 21 April 2016

Antara Memberi dan Mendapatkan

Tujuan berhubungan itu apa si? Untuk memberi atau untuk mendapatkan?
Memberi dan mendapatkan dong! Yup, pada akhirnya memang seperti itu. Tapi sadarkah jika antara "memberi" dan "mendapatkan" itu berbeda makna? "mendapatkan" merupakan suatu hadiah dari apa yang sudah kita lakukan. Karena kita memberi lantas kita akan mendapatkan. Hukum kausalitas. Sebab-akibat.


Tujuan dan starting poin dalam membina hubungan menjadi penentu seberapa kualitas hubungan tersebut. Keinginan memberi berasal dari keinginan berbagi. Itu terjadi ketika kebutuhan cintamu dari lahir hingga dewasa sudah terpenuhi dari orang tua dan orang-orang sekitar, kamu punya cinta berlebih sehingga kamu ingin membagikannya kepada orang lain. Starting poin itu disebut mencintai untuk memberi.


Beda halnya dengan tujuan mencintai untuk mendapatkan cinta. Starting poinnya berarti kamu kekurangan cinta, kurang perhatian dari entah orang tua atau orang-orang di sekitarmu sehingga kamu mencari orang yang bisa memberikanmu cinta. Dengannya kamu merasa dicintai dan diperhatikan. Jadilah ketika orang itu dirasa kurang memberikan perhatian, kamu marah.
  
Jadi, kamu berada di starting poin mana?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar